BREAKING NEWS

Category 5

Category 6

Category 7

Monday, March 25, 2013

Kementerian Keuangan Buka Program Beasiswa S2 dan S3

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan  membuka pendaftaran program beasiswa program studi S2 (magister) dan S3 (doktor) baik di dalam maupun luar negeri.  LPDP juga membuka program  beasiswa tesis dan disertasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tesis/disertasi.
Beasiswa S2 (magister) dan S3 (doktor) merupakan program beasiswa yang dibiayai Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan RI.  Sasaran bantuan program beasiswa ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkemampuan akademik dan kepemimpinan yang tinggi, dan lulus   seleksi untuk melaksanakan studi pada program magister dan doktor.
Program beasiswa magister dan doktor LPDP meliputi  bidang ilmu yang mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), terdiri atas :
  1. Teknik;
  2. Sains;
  3. Pertanian;
  4. Akuntansi dan Keuangan;
  5. Hukum; dan
  6. Agama
Beasiswa tesis dan disertasi adalah bantuan untuk menyelesaikan tesis/disertasi bagi para mahasiswa magister atau doktor yang memiliki keterbatasan dana dalam penyelesaian program tersebut baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun di luar negeri.
Tujuan program ini  mempercepat tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas, yang dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi nasional, serta memberikan nilai tambah pada produk dan jasa nasional.
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk Program Beasiswa S2 (magister) dan S3 (doktor) diantaranya:
1. Lulusan program studi:
a. Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau lulusan Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia;
b. Perguruan Tinggi diluar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum adalah:  3,00, pada skala 4, untuk lulusan sarjana/ diploma IV yang akan studi magister . 3,25, pada skala 4, untuk lulusan Magister yang akan studi doktor;
3. Kemampuan penguasaan bahasa Inggris pelamar, yang ditunjukan dengan dokumen yang masih berlaku, harus memenuhi skor TOEFL, atau yang setara, sekurang-kurangnya:
a. TOEFL ITP minimal 500 untuk studi pada program magister/doktor di perguruan tinggi dalam negeri;
b. TOEFL PBT minimal 550 atau yang setara untuk studi pada program magister/doktor di perguruan tinggi luar negeri dan/atau telah memiliki Letter of Acceptance (LOA);
c. Untuk pelamar yang memilih program studi magister atau doktor luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademiknya, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan berbahasa asing yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.
4. Mendapatkan surat tugas belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja;
5. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan;
6. Memiliki Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja;
7. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
Pendaftaran Program Beasiswa dibuka pada hari Senin (11/3) dan ditutup pada hari Selasa (30/4).  Pendaftaran dilaksanakan secara online dengan mengisi aplikasi pada laman: http://www.lpdp.depkeu.go.id dan mengunggah dokumen pendukung yang relevan.
Persyaratan dan Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa LPDP dapat dibaca selengkapnya pada http://www.beasiswalpdp.org atau http://www.lpdp.depkeu.go.id.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beasiswa
Distributed By Free Premium Themes. Powered byBlogger