Pages

Thursday, March 28, 2013

Pemerintah Prancis Bagi-bagi Beasiswa 2013

Makassar, 13 Maret 2013 – Pemerintah Prancis melalui Institut Francais Indonesia (IFI) akan memberikan 300 beasiswa untuk tahun ajaran 2013 kepada mahasiswa dan dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master atau doktoral. Beasiswa tersebut merupakan hasil kerja sama dengan beberapa Kementerian Indonesia, perusahaan-perusahaan Prancis yang ada di Indonesia, dan beberapa yayasan swasta yang merupakan rekanan IFI. Peserta yang berminat dapat mengajukan  permohonan beasiswa pemerintah Prancis dengan memilih satu dari sekian rekanan yang telah ditunjuk IFI .
Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Dr. Pirman, M.Si. menyambut baik tawaran yang diberikan pihak IFI.  Menurutnya suatu kebanggaan tersendiri bagi PNUP yang dipilih oleh IFI sebagai tempat sosialisasi beasiswa Prancis. Kesempatan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mahasiswa, alumni, dan dosen PNUP yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap kandidat yang berminat adalah harus memiliki kemampuan bahasa Prancis tingkat DELF B2 sebagai prasayarat untuk melanjutkan studi di Prancis. Diplome d’Etudes En Langue Francais (DELF) yang terdiri dari empat tingkatan (A1-A2-B1-B2) merupakan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Prancis yang mengabsahkan kemampuan bahasa Prancis seseorang, memberikan kemudahan untuk masuk ke universitas-universitas Prancis, dan ijazah tersebut diakui seluruh dunia. Setiap tingkatan ijazah akan menguji pemahaman dan kemampuan berbicara serta pemahaman dan kemampuan menulis.
Untuk membantu kelancaran berbahasa, pemerintah Prancis akan menyelenggarakan kursus bahasa Prancis intensif terhitung dari bulan April hingga Agustus 2013. Para kandidat penerima beasiswa Prancis dapat meningkatkan kemahiran berbahasa Prancis sebelum mengikuti perkuliahan di Prancis yang akan dimulai September 2013. Pihak pemerintah Prancis akan membentuk enam kelompok  sebagai pusat pelatihan bahasa Prancis yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.
Selama di kuliah Prancis, pembiayaan akan ditanggung pihak IFI dan rekanannya. IFI akan menjamin visa bebas biaya, status penerima beasiswa pemerintah Prancis dan manfaat yang diperoleh mahasiswa, biaya kuliah di satu universitas negeri untuk mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Prancis, dan fasilitas jaminan sosial sedangkan pihak rekanan akan menjamin biaya hidup (antara 800 sampai 1000 euro/ bulan), tiket pesawat pulang pergi, dan biaya sumbangan buku  sekitar 1000 euro (fakultatif)
Informasi lain seputar beasiswa pemerintah Prancis dapat diketahui dengan menghubungi Flora Stienne selaku Koordinator Kerja Sama Universitas IFI ( flora.stienne@diplomatie.gouv.fr )
Rekanan Institut Francais Indonesia (IFI)  pelaksana beasiswa pemerintah Prancis 2013 :
1. Kementerian-kementerian Indonesia
Direktorat Pendidikan Tinggi
Untuk para dosen Indonesia atau calon dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master atau doktoral. Kandidat dapat melihat syarat dan ketentuan melalui situs DIKTI www.beasiswa.dikti.go.id
Diknas – Beasiswa Unggulan
Untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master atau doktoral. Kandidat dapat melihat syarat dan ketentuan melalui situs DIKNAS http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id
Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas)
Untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan  pendidikan ke jenjang master. Kandidat dapat melihat syarat dan ketentuan melalui situs Bappenas www.pusbindiklatren.bappenas.go.id atau melalui program master UNDIP – Bappenas di mana seleksi mahasiswa dilakukan oleh pihak universitas.
2.  Perusahaan Prancis
Total Group France
Untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan  studi ke jenjang master. Kandidat dapat melakukan pendaftaran on line melalui situs DIKTI http://www.beasiswa.dikti.go.id atau melalui kantor hubungan internasional Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.
GDF Suez
Untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan master selama kurun waktu 16 bulan dengan mengikuti pelatihan Master Developpement et Exploitation des Gisements di IFP School. Kandidat melakukan pendaftaran on line di situs IFP School http://application.ifp-school.com/fr/2/candidates/sign_in
Reactions:

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete